Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Akasia

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Akasia

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Akasia – Yang dimaksud dengan tanaman akasia atau disebut dengan nama latin adalah acacia auriculiformis a, cunn ex benth merupakan pohon semak yang termasuk ke dalam famili fabeceae dan ordo fabales. Yang mana tanaman akasia ini aslinya berasal dari Australia untuk selanjutnya menyebar ke daerah tropis dan sedang meliputi Asia Selatan, Eropa dan Amerika. Tanaman ini mampu bertahan hidup dalam kondisi lingkungan dan cuaca apapun akan tetapi membutuhkan perawatan khusus jika ditanam sebagai tanaman kebun.

Tanaman akasia dikenal juga sebagai tanaman duri karena dibagian batangnya terdapat duri – duri agak tajam yang cukup banyak.

Pohon akasia pertama kali diidentifikasikan di Afrika sekitar tahun 1773 yang pada waktu itu memiliki 1300 spesies yang menyebar dengan luas area beriklim tropis terutama Australia, Eropa, Asia Selatan dan Amerika. Berdasarkan pendapat pakar botani menjelaskan bahwa tumbuhan akasia dapat diklasifikasikan dan morfologi adalah sebagai berikut :

Klasifikasi Pada Tanaman Akasia

  • Kingdom : Plantae
  • Sub kingdom : Trachebionta / tanaman berpembuluh
  • Super divisi : Spermatophyta / menghasilkan biji
  • Divisi : Magnoliophyta / tumbuhan berbunga
  • Kelas : Magnoliopsida / berkeping dua / dikotil
  • Sub kelas : Rosidae
  • Ordo : Fabeles
  • Famili : Fabaceae / suku polong – polongan
  • Spesies : Acacia Auriculiformis A Cunn Ex Benth

Baca Juga : Morfologi Dan Klasifikasi Tanaman Bawang Putih

Morfologi Pada Tanaman Akasia  

Adapun morfologi akasia ini dapat dilihat berdasrkan atas ciri – ciri tumbuhan bersangkutan antara lain sebagai berikut :

1/Morfologi pada akar

Akar pada tanaman akasia ini memiliki akar yang bersifat tunggang berwarna keputihan agak kotor hingga kecoklatan dengan panjang rata – rata antara 5 s/d 10 meter bahkan lebih dan mencapai kedalaman tanah sekitar 3 s/d 5 meter.

2/Morfologi pada batang

Batang tanaman ini memiliki bentuk bulat memanjang dengan diameter antara 10 s/d 20 cm bahkan lebih dengan permukaan kasar dan terdapat duri – duri tajam. Batang – batang ini bisa mencapai ketinggian sekitar 15 s/d 20 meter yang biasanya tumbuh dengan tegak dan berwarna kecoklatan dan abu – abu hingga keputihan agak kotor.

3/Morfologi pada daun

Daun dari tanaman ini memiliki sifat majemuk yang posisinya saling berhadapan berbentuk lonjong yang memiliki sistem pertulangan menyirip dan bagian tepinya merata. Daun secara garis besar berwarna hijau muda hingga hijau tua yang memiliki panjang rata – rata antara 5 s/d 20 cm dengan lebar 1 s/d 2 cm dan daun ini menyimpan banyak getah kental berwarna keputihan hingga kecoklatan. Getah mempunyai kandungan tanin yang mampu bermanfaat di bidang kesehatan dan industri.

4/Morfologi pada bunga

Bunga yang dimiliki oleh tanaman ini bersifat majemuk berbentuk kuku berwarna keputihan yang muncul pada ketiak daun. Bunga yang dimaksudkan berkelamin ganda baik itu untuk bunga jantan maupun betina dengan kelopak bunga berbentuk slindris sama dengan benang sari dan bagian kepala putik berbentuk hampir menyerupai ginjal manusia serta mahkota memiliki warna putih.

5/Morfologi pada buah

Buah tanaman ini memiliki bentuk bulat lonjong berwarna hijau jika masih muda dan kecoklatan jika sudah tua yang mana dalam buah ini terdapat biji – biji yang berbentuk lonjong, pipih dan berwarna kecoklatan yang biasanya ada beberapa biji di dalam satu buah dari tumbuhan akasia.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman akasia, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Gambir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *