Pengertian Mutasi Gen

Pengertian Mutasi Gen – Apakah kalian tahu apa yang dimaksud dengan Mutasi gen?

Pengertian dari mutasi gen merupakan perubahan tetap dalam susunan DNA yang berwujud gen, yang mengakibatkan urutannya tidak sama dari apa yang didapatkan pada sebagian banyak orang.

Mutasi mempunyai berbagai ukuran; mereka bisa mempengaruhi dimana saja dari komponen penyusun DNA sendiri atau pasangan basa untuk segmen besar kromosom yang memakan beberapa gen.

Mutasi gen juga memiliki penjelasan lain yaitu mutasi gen merupakan peristiwa yang terlihat dan terjadi pada manusia. Hal tersebut yang menghasilkan wujud bentuk dan wajah kita saat ini. Akan tetapi manusia merasakan beberapa mutasi yang dilihat hasilnya aneh dengan manusia pada umumnya.

Seseorang yang dikenal sebagai tangan atau kaki tidak sama atau “tangan capil lobster’ mempunyai jarak pada di jari tengah sebenarnya berada.

Peristiwa tersebut mengakibatkan tangan atau kaki mereka berbentuk capit. Selain dengan bentuk fisik, malformasi tersebut juga biasa dihubungkan dengan gangguan pendengaran atau masalah pada pendengaran.

Baca Juga : Morfologi Tanaman Pepaya

Proses dari mutasi gen dapat dijelaskan dalam dua tahap yaitu :

  1. Proses mutasi berpindah-pindah yang diwariskan dari orangtua dan muncul di sepanjang hidup seseorang yang nyaris pada setiap sel dalam tubuhnya. Mutasi tersebut juga dapat dikatakan dengan mutasi germline sebab mereka muncul dalam sel telur atau sel sperma orang tua seseorang itu yang juga dapat dikatakan sel germinal. Sewaktu telur dan sel sperma menyatu, mengeluarkan sel telur yang sudah dibuahi dan menerima DNA dari kedua orang tuanya. Bila DNA tersebut mempunyai mutasi, anak yang berkembang dari sel telur yang dibuahi akan mempunyai mutasi di berbagai sel-nya.
  2. Proses kedua adalah peristiwa mutasi diakuisisi atau somatik yang terjadi di beberapa saat selama hidup seseorang dan muncul hanya pada saat sel-sel tertentu, tidak di berbagai sel dalam tubuh. Peralihan tersebut dapat dikarenakan dengan penyebab lingkungan seperti radiasi ultraviolet dari matahari atau bisa dikatakan terjadi bila ada kesalahan saat menukar DNA itu sendiri sewaktu pembelahan sel. Mutasi yang diperoleh tersebut sel somatik atau selain sel sperma dan sel telur tidak bisa diteruskan ke masa generasi selanjutnya.

Baca Juga : Pengertian dari Sintesis Protein

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *