Pengertian dari Sintesis Protein

Pengertian dari Sintesis Protein – Secara umum, pengertian protein adalah zat yang berguna pada tubuh manusia. Namun menurut definisi para ahli, protein merupakan senyawa kimia yang di dalamnya terkandung unsur karbon (C), nitrogen (N), oksigen (O) dan terkadang fosfor (P). Protein utama bermanfaat sebagai tempat pembuat tubuh yang artinya sebagai membangun sel-sel baru dari memperbarui sel-sel yang rusak.

Pengertian dari Sintesis Protein
Pengertian dari Sintesis Protein

Dalam pengertian protein lainnya, protein memiliki peran yang begitu penting dalam fungsi mekanis. Seperti protein yang bekerja dalam membangun batang dan sendi sitoskeleton. protein juga bekerja penting dalam sistem menjaga kekebalan tubuh sebagai antibodi, transportasi hara dan juga sebagainya. Protein juga berperan sebagai sumber asam amino pada sebuah organisme yang tidak bisa membangun asam amino secara sendiri.

Sintesis protein adalah tahap untuk menjadikan asam amino yang ada pada dalam linear menjadi protein dalam tubuh. Proses ini membutuhkan kerja dari DNA dan RNA serta  enzim. Maka hasil dari tahap tersebut merupakan suatu protein yang sudah diproses melalui mekanik dan kimiawi yang ditemukan pada sel makhluk hidup.

Pertama kali proses sintesis protein dilakukan dengan Paul Zamecnik pada tahun 1950. Peristiwa awalnya Paul mencoba tikus sebagai bahan percobaannya untuk mengamati proses sintesis protein tersebut. Tahapnya adalah dengan memasukkan asam amino radioaktif pada dalam tubuh tikus. Maka hasilnya akan ditemukan tempat terjadinya proses sintesis protein.

Dalam pengertian lain juga sintesis protein disebut sebagai biosintesis protein yang artinya sebuah tahap pembangunan partikel protein yang dalam bahasan biologi molekuler yang didalamnya menyangkut sintesis RNA yang berpengaruh pada DNA.

Pada proses sintesis protein, molekul DNA merupakan asal pengkodean pada asam nukleat untuk diangkat asam amino yang mengatur protein namun tidak melibatkannya secara langsung pada prosesnya tersebut.

Sintesis protein juga merupakan sebuah tahap proses protein dalam sel. Sifat enzim atau protein dijelaskan sebagai pengatur dan pembangun karakter makhluk hidup yang ditentukan pada banyaknya jenis, dan urutan asam amino yang tersusun didalamnya. Sintesis tersebut berkaitan dengan RNA, DNA, dan ribosom.

Baca Juga : Manfaat dan Prinsif SOP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *