Pengertian dan Unsur Estetika

Pengertian dan Unsur EstetikaPengertian Estetika merupakan ilmu pengetahuan yang membahas keindahan. Di dalamnya, dijelaskan filsafat seni dengan cakupan pertanyaan apa dan bagaimana sebuah keindahan bisa dirasakan keberadaannya oleh mahluk.

Pengertian Menurut Etimologi Kata

Istilah estetika dipetik dari bahasa latin dan Yunani yaitu aestheticus dan aestheticos. Keduanya bermakna segala hal yang bisa ditangkap indera manusia. Dari dua istilah diatas, para pakar filsafat menyatakan estetika adalah ilmu filsafat yang menjelaskan tentang dua esensi keindahan yaitu seni dan alam semesta.

Pengertian Khusus

Jika disimpulkan, pengertian estetika adalah segala keindahan yang dirasakan oleh manusia. Baik yang berupa keindahan seni maupun semua proses kehidupan alam semesta.

Makna keindahan yang dimaksud tidak semata yang bisa dirasa melalui indera. Tetapi dampak estetis yang muncul dari substansi suatu benda sekalipun kasat mata.

Pengertian Estetika Menurut Para Ahli

Agar mendapat pemahaman yang lebih lengkap, berikut kami sertakan pengertian estetika menurut ahli, yaitu:

1. J. W. Moris

Menurut Moris estetika terkait dengan seni. Selama benda berhubungan dengan seni, pasti muncul keindahan estetis di sana. Atas dasar itu, estetika disebut juga objek seni.

2. Dra. Artini Kusmiati

Sedangkan menurut Artini, estetika adalah kondisi tertentu yang terkait dengan sensasi keindahan. Biasanya, keadaan ini muncul, pasca manusia melihat dan merasakan sebuah harmonisasi unsur pembentuk objek.

Unsur-Unsur Estetika

Estetika diurai menjadi unsur-unsur tertentu. Dengan elemen ini, kesadaran manusia akan keindahan, bisa dijelaskan. Ini penjabarannya, yaitu:

1. Unsur Bentuk

Daya tarik benda bisa dilihat dari bentuknya. Maka dari itu, ada manusia terpukau bentuk tiga dimensi. Ada juga yang takjub dengan benda dua dimensi. Contoh estetika semacam ini terlihat pada lukisan, patung, foto, souvenir dan selainnya.

2. Unsur Warna

Unsur estetika selanjutnya adalah warna. Artinya, orang merasa melihat keindahan ketika terpampang objek dengan kolaborasi warna yang bagus.

Ini menjadi alasan, mengapa pelukis harus pandai meramu warna jika ingin lukisannya digemari. Tidak lain, karena dari warna, muncul estetika yang menakjubkan.

3. Unsur Tema

Unsur estetika yang tidak boleh dilupakan adalah tema. Tidak dipungkiri, karya seni, sastra, pahat, tari dan lain lain, dibuat atas tema tertentu. Ini berkaitan dengan budaya, geografis dan adat istiadat di mana objek tersebut dibuat. Semakin tepat ide pengarang dengan kondisi pembaca dan penikmat, estetikanya akan diterima dengan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *