Pengertian dan Manfaat Tradisi

Pengertian dan Manfaat Tradisi – Pengertian Tradisi (kebiasaan) atau dalam bahasa latin Traditio  yang artinya diteruskan, merupakan sesuatu yang telah dijalankan sejak lama dalam suatu kelompok masyarakat atau negara sejak lama dan telah menjadi bagian dari kehidupan kelompok tersebut.

Hal yang paling mendasar dari tradisi adalah terdapat informasi yang diteruskan dari generasi ke generasi baik tertulis maupun dalam bentuk lisan, karena tanpa adanya hal ini, suatu tradisi sewaktu-waktu dapat punah.

Adapun Tradisi berasal dari kata “traditium” pada dasarnya berarti semua sesuatu yang diwarisi dari masa lalu atau generasi sebelumnya.

Tradisi ialah hasil cipta serta karya manusia berupa objek material, keyakinan, imajinasi, insiden, atau lembaga yang diwariskan dari suatu generasi ke generasi selanjutnya.

Seperti contohnya adat-istiadat, kesenian bahkan properti yang dipakai. Sesuatu yang diwariskan tersebut tidak berarti harus diterima, dihargai, diasimilasi atau disimpan sampai mati.

Manfaat Tradisi

Setelah mengetahui pengertian tentang tradisi, ada baiknya kita juga mengetahui manfaat menjaga tradisi. Selain untuk menjaga warisan nenek moyang ataupun leluhur ternyata jika dianalisis lebih lanjut, tradisi mempunyai manfaat yang besar. Bahkan manfaat ini berkaitan langsung dengan kedaulatan suatu daerah atau negara.

Pada poin-poin berikut ini adalah beberapa manfaat tradisi yang perlu diketahui :

  1. Menjaga keharmonisan antar anggota masyarakat

Masayarkat bisa disebut juga dengan keluarga dalam lingkup yang besar. Melaksanakan acara-acara yang melibatkan tiap anggota masyarakat merupakan tindakan yang baik untuk mempersatukan atau mempererat hubungan diantara mereka.

Acara seperti itulah yang dilakukan secara berkelanjutan atau terus menerus yang akhirnya menjadi sebuah tradisi. Dampak positifnya tentu akan menjadi sebuah keharmonisan yang bertahan lama diantara anggota masyarakat.

  1. Menjadi ikatan kedaerahan yang kental

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa tradisi merupakan sebuah kebiasaan pada suatu daerah yang telah sudah berjalan cukup lama yang sifatnya telah menjadi bagian dari kehidupan ditengah masyarakat tertentu.

Hal ini menjadikan kita sebagai anggota salah satu masyarakat yang mempunyai sebuah tradisi yang khas menjadi selalu teringat akan hal tersebut saat jauh dari kampung halaman.

  1. Mengenalkan bangsa sebagai Bangsa yang terhormat

Jika suatu daerah memiliki tradisi yang luhur dan masih terjaga kelestariannya maka orang-orang dari bangsa lain akan hormat karena melihat kecintaan suatu anggota masyarakat terhadap apa yang sudah diwariskannya. Bahkan bisa menjadi daya tarik kepada bangsa lain untuk melihat dari dekat tradisi dan budaya yang luhur pada daerah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *