Pengertian dan Fungsi HTTP

Pengertian dan Fungsi HTTP – HTTP  atau Hypertext Transfer Protocol adalah suatu protokol yang digunakan untuk mentransfer dokumen atau halaman ke dalam World Wide Web (WWW).

HTTP menggunakan pengertian yang sama untuk character sets dengan definisi Multipurpose Internet Mail Extentions (MIME) yaitu sebuah metode yang digunakan untuk menerjemahkan karakter-karakter daya menjadi oktet-oktet data (encode) yang umum. Selanjutnya, dengan metode yang sama dapat diterjemahkan menjadi karakter-karakter yang sesuia dengan kebutuhan (decode).

Adapun pengertian lain dari HTTP adalah sebuah protokol aplikasi untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan hypermedia. Singkatnya HTTP adalah dasar komunikasi data untuk World Wide Web (WWW).

Sebagai contoh; di dalam penggunaan character sets dan teks menggunakan bahasa Jepang (ISO-2022-JP) dapat dengan mudah ditulis dengan teks wastern (ISO-8859-1). Hal ini bisa dilakukan apabila teks tersebut sudah dienkode ke oktet-oktet yang sudah umum digunakan.

Demikian pula dengan MIME atau yang sering sebagai content coding. Sebuah browser biasanya hanya akan menampilkan berkas-berkas dengan MIME yang didukungnya. Biasanya hal ini bisa dilihat dari ekstensi berkas tersebut. Apabila MIME tersebut tidak didukung, maka browser akan menampilkan pesan untuk menngunduh berkas tersebut.

HTTP disebut juga dengan protokol stateless karena setiap perintah dijalankan secara mandiri, tanpa pengetahuan tentang perintah yang datang sebelumnya. Ini adalah alasan utama bahwa cukup sulit untuk menerapkan sebuah situs web yang bereaksi secara cerdas untuk input penggunanya.

Fungsi HTTP

Setelah mengetahui pengertian HTTP dan mengacu pada pengertian yang sudah diterangkan di atas, Fungsi HTTP cukup sederhana yakni untuk menghubungkan suatu komputer dengan komputer lainnya melalui koneksi internet. HTTP dapat diibaratkan sebagai perintah untuk dijalankan setiap komputer agar dapat mengirim pesan.

HTTP juga berfungsi untuk menentukan bagaimana pesan atau data dapat ditransmisikan atau diformat menjadi bentuk lain yang dapat diterima oleh browser. Sehingga semua data yang diinginkan oleh klien bisa di akses atau ditampilkan.

Jadi singkatnya, HTTP akan selalu muncul di semua alamat website ketika kita membukanya. Hal ini dikarenakan semua layanan website memakai protokol HTTP atau HTTPS agar dapat bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *