Pengertian dan definisi Hari Kesaktian Pancasila

Pengertian dan definisi Hari Kesaktian Pancasila – Setiap 1 Oktober, lembaga pemerintah mulai dari pemerintah kabupaten sampai dengan kantor pendidikan, seperti sekolah, selalu peringati hari kesaktian dari Pancasila. Tapi tahukah Anda apa hari kesaktian Pancasila?

Hari kesaktian Pancasila adalah hari negara Indonesia diselamatkan dari pemberontakan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI). Peristiwa pergerakan 30 September 1965 oleh PKI menyebabkan korban oleh militer.

Tokoh-tokoh ini ditetapkan sebagai pahlawan revolusi Indonesia pada 5 Oktober 1965 (dalam perkembangannya, pemerintah Indonesia menetapkan angka-angka ini sebagai pahlawan nasional pada 2009).

Peringatan Hari Konvensi Pascasila direncanakan pada 30 September 1965, di mana enam jenderal berpangkat tinggi dan beberapa lainnya tewas dalam percobaan kudeta oleh penjaga istana (Cakrabirawa) yang dianggap loyal kepada PKI dan pada waktu itu dipimpin oleh Letnan Kolonel. Untung keenam pejabat senior yang terbunuh adalah:

Komandan/panglima Angkatan Darat Letnan Jenderal Ahmad Yani,

  • Mayjen Divisi Jenderal R. Suprapto
  • Mayjen Jenderal TNI M.T. Haryono
  • Mayjen Jenderal Siswondo Parman
  • Brigadir Jenderal DI Panjaitan
  • Brigadir Jenderal Sutoyo Siswomiharjo

Jenderal TNI A.H. Nasution sendiri memang juga disebut sebagai salah satu target, tetapi selamat dari upaya pembunuhan. Sebaliknya, putrinya Ade Irma Suryani Nasution dan asisten AH Nasution, letnan satu Pierre Tandean, terbunuh dalam upaya pembunuhan.

Selain itu, beberapa orang lain juga menjadi korban:

  • AIP Karel Satsuit Tubun
  • Brigadir Jenderal Katamso Darmokusumo
  • Kolonel Sugiono

Dari uraian di atas kita dapat menyimpulkan bahwa makna kesaktian Pancasila adalah hari ketika Republik Indonesia dapat menyelamatkan diri dari pemberontakan PKI. Dengan diungkapkannya kasus penculikan PKI, pemerintah Indonesia dengan cepat dan cepat memutuskan untuk memberantas para penculik dan penulis intelektual kejahatan tersebut.

Dengan diberantasnya PKI dan kaki-tangannya, kondisi Indonesia perlahan-lahan mulai menguntungkan dan aman kembali walaupun selalu meninggalkan bekas bagi rakyat Indonesia. Sejak saat itu, setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari kesaktian Pancasila.

Arti kesaktian Pancasila

Tentunya sebagai bagian dari dasar negara, Pancasila bukan hanya sumber derivasi hukum dan peraturan.

Tetapi dapat juga dikatakan bahwa Pancasila adalah sumber moralitas, terutama dalam kaitannya dengan legitimasi kesaktian, hukum dan berbagai kebijakan dalam implementasi dan administrasi negara. Di sisi lain memang pancasila telah terkandung makna-makna dalam berkehidupan berbangsa dan juga  bernegara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *