6 Cara memulai bisnis online dari nol Untuk Pemula

6 Cara memulai bisnis online dari nol Untuk Pemula

Cara memulai bisnis online dari nolDengan adanya perkembangan teknologi internet, memulai bisnis kini dirasa relatif lebih mudah dibandingkan dengan jaman sebelum adanya internet.

Pasalnya, sekarang siapa saja sudah bisa membuka bisnisnya sendiri dengan lebih mudah secara online. Bisnis online memang dinilai lebih mudah karena tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara memulai bisnis online, simak uraian lebih lengkapnya berikut ini:

  1. Temukan kebutuhan atau masalah yang ada di pasar

Untuk menentukan jenis bisnis online yang akan dijalani, pertama temukan dulu kebutuhan atau masalah yang ada di pasar. Pastikan bahwa produk yang akan dijual memang merupakan produk yang dibutuhkan oleh pasar. Hal ini penting karena bisa menentukan keberhasilan bisnis online. Pikirkan mengenai produk apa yang dibutuhkan pasar dan apakah produk tersebut bisa menyelesaikan masalah konsumen.

  1. Melakukan riset terhadap pasar

Jika sudah menentukan potensi bisnis yang akan dilakukan, tidak ada salahnya jika Anda melakukan riset pasar. Hal ini untuk mendapatkan data-data yang objektif sebagai pendukung pengambilan segala keputusan terkait memulai bisnis online

  1. Membuat model bisnis yang akan dijalani

Setelah melakukan berbagai analisa dan mengumpulkan data, pilihlah model bisnis yang kira-kira akan menjadi yang paling menguntungkan. Model bisnis ini terkait dengan cara Anda menjual produk tersebut nantinya, misalnya pembuatan produk sendiri, sistem dropship, dan lain-lain.

  1. Menentukan target pasar

Jika sudah melakukan riset dan menentukan model bisnis, selanjutnya yaitu menentukan target pasar. Target pasar yang dimaksud di sini yaitu sekelompok orang yang memiliki karakteristik yang sama dan memiliki kemungkinan untuk membeli produk yang Anda jual

  1. Membuat produk

Dalam bisnis online, memang Anda tidak harus membuat produk sendiri. Produk ini juga bisa diambil dengan sistem reseller atau dropshipper. Dalam tahap ini, tentukan kuantitas, kualitas, serta spesifikasi produk yang akan dijual dengan detail.

  1. Membuat website

Umumnya, bisnis online dilakukan di website pribadi, e-commerce, atau pun melalui media sosial. Tentukan media yang akan digunakan dan kembangkan agar menjadi menarik bagi calon konsumen.

Baca Juga : Ide bisnis Terbaik untuk mahasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *