Tips dan trik sebelum membuka bisnis laundry rumahan

bisnis laundry rumahan

Tips dan trik sebelum membuka bisnis laundry rumahan – Laundry adalah sebuah usaha jasa cuci yang telah berkembang pesat sekarang. Karena begitu banyak orang yang sibuk dan tidak sempat untuk mengurus kebutuhan rumah, masalah cucian misalnya.menjadikan usaha laundry sangat diminati.

Jika rumah anda disekitar kawasan pondok pesantren atau kawasan kos-kosan, bisnis laundry merupakan salah satu bisnis ibu rumah tangga  yang paling tepat. Berikut adalah tips dan trik jika anda ingin membuka usaha laundry rumahan.

  1. Harga

Harga adalah salah satu yang menjadi perbandingan dikalangan konsumen. Anda harus menentukan harga yang sesuai dengan dengan kualitas pelayanan laundry anda. Anda bisa menawarkan harga murah tetapi kualitas tidak murahan. Pasti banyak yang akan datang ke laundry anda. Karena konsumen pasti kebanyakan melihatnya dari harga terlebih dahulu.

  1. Pelayanan

Yang kedua adalah pelayanan anda terhadap konsumen. Walaupun anda mematok harga murah, tetapai usahakan pelayanan yang anda berikan harus memuaskan dan berkualitas. Misalkan dari segi pewangi atau detergen yang anda gunakan ketika mencuci pakaiannya. Ataupun pelayanan anda terhadap customer.hal itu sangat mempengaruhi image usaha anda.

  1. Waktu

Perhatikan waktu dalam penyelesaian tugas anda. Jika customer anda meminta harus selesai besok. Maka usahakan tepat waktu, karena pelanggan paling tidak usak orang yang tidak konsisten apalagi masalah waktu. Karena bisa saja baju yang dicuci akan dipakai pada hari tersebut. Jika anda sekali saja mleset dalam masalah waktu, maka pelanggan angda bisa dipastikan akan mencari jasa laundry yang lain.

  1. Inovasi dalam pelayanan

Berikan pelayanan yang bervariasi dalam usaha anda. Misalkan anda biasanya menerima jasa cuci dalam harga kiloan. Maka anda bisa membuat suatu inovasi, misalkan nyuci minimal 3 kilo dapat diskon 2 pasang baju. Atau yang lainnya.

  1. Perlakukan dengan baik baju customer

Baju customer ibaratkan baju kalian sendiri. Ketika kalian mencuci jangan berfikiran bahwa itu baju orang lain dan kalian cuci seenaknya. Perlakukan baju klien anda denga sebaik mungkin. Karena mereka sudah mempercayakannya kepada laundry anda.

Itulah beberapa trik dan tips jika anda ingin membuka usaha laundry rumahan. Semoga bermanfaat untuk anda. Tetap semangat dalam mencapai kesuksesan.

Baca Juga : Cara memulai bisnis online dari nol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *