Arti CEO

Arti CEODalam susunan atau jajaran direksi perusahaan tentu memerlukan kehadiran sosok pemimpin. Pemimpin di dalam direksi ini memiliki banyak istilah, ada yang menyebutnya direktur utama dan ada yg menyebutnya Chief Executive Officer atau biasa disingkat menjadi CEO.

Chief bisa diartikan kepala atau yang memimpin sedangkan Executive memiliki pengertian jajaran direksi. Dapat kita tarik kesimpulan bahwa CEO itu merupakan individu yang reliabel untuk memimpin jajaran direksi di dalam sebuah perusahaan.

Seorang dapat menjabat sebagai CEO setelah ditentukan oleh dewan komisaris. Seperti halnya jabatan lain, CEO juga mempunyai siklus jabatan. Pemilihannya tidak lepas dari kebijakan perusahaan masing-masing.

Ada yang menjabat selama 5 tahun dan ada pula yang 10 tahun. Bisa juga mengakhiri jabatannya lebih cepat jika dianggap gagal.

Meskipun istilah CEO ini sangat populer, dalam undang-undang di Indonesia tidak dikenal. Kalau kita mencari dalam UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UUPT) pasti tidak akan ketemu.

Hanya ada istilah Direksi yang terdapat dalam UUPT. Istilah CEO baru muncul dan disebut-sebut dalam peraturan di Indonesia yaitu melalui Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 40 Tahun 2012 tentang Jabatan-Jabatan Tertentu yang Dilarang Diduduki Tenaga Kerja Asing/Ekspatriat.

Dalam Kepmenakertrans itu CEO atau Kepala Eksekutif Kantor termasuk sebagai salah satu jabatan yang dilarang diduduki tenaga kerja asing atau ekspatriat.

Benarkah orang asing tidak bisa menjabat sebagai CEO di perusahaan di Indonesia? Tentu boleh. CEO yang dimaksud dalam Kepmenakertrans tersebut di atas bukanlah pengisi jabatan teratas dalam manajemen setingkat presiden direktur atau direktur utama.

Melainkan kepala kantor dalam bidang personalia dan administrasi. Pengertian CEO dalam Kepmenakertrans itu mengacu kepada Blacks’s Law Dictionary 9th Edition. Sebuah jabatan administrasi tertinggi yang mengatur aktivitas harian perusahaan dan melaporkannya kepada dewan direksi.

Kerancuan penggunaan istilah CEO tersebut tidak menghalangi realita dalam praktik di lapangan, posisi CEO acap kali digunakan untuk menunjuk jabatan manajerial tertinggi seperti presiden direktur ataupun direktur utama.

Perbedaan istilah bukan masalah besar, yang terpenting adalah orangnya. Sosok CEO sebagai pemimpin akan mencerminkan bisnis perusahaan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *